RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA N 1 Makarti Jaya
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 1 X 10 menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami konsep proses-proses perubahan termodinamika.
II. Kompetensi Dasar
Menganalisis
perubahan gas ideal dengan menerapkan hukum 1 termodinamika.
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menjelaskan hukum 1
termodinamika
b menyebutkan proses-proses
termodinamika
c. menunjukkan perbedaan
proses termodinamika
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat :
a. Menjelaskan hukum 1
termodinamika
b Menyebutkan proses-proses termodinamika
c. Menunjukkan perbedaan
proses termodinamika
IV. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi hukum 1 termodinamika :
a. Dengan metode ceramah dan tanya jawab
(interactive lecturing) peserta didik dapat memahami proses-proses
termodinamika
b. Strategi mencari infomasi (information
search) peserta didik dapat menjelaskan bunyi hukum
1 termodinamika dan proses-proses termodinamika
c. Dengan metode penugasan dan strategi membaca
keras (reading aloud) peserta didik dapat menyebutkan proses-proses
termodinamika sebagai penerapan dari hukum 1 termodinamika.
V. Materi
Ajar / Materi Pembelajaran
Proses
Termodinamika
Cakupan Materi
a. Bunyi hukum 1 termodinamika
b. Proses-proses termodinamika
c. Perbedaan proses termodinamika
VI.
Pendekatan/Metode/Strategi
a.
Pendekatan : Keimanan, Rasional, Fungsional, Discovery
b.
Metode : ceramah dan tanya jawab (Interactive Lecturing),
penugasan.
c.
Strategi : information search,
reading alloud
VII. Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (2 menit)
§
Menarik perhatian siswa/ membangun motivasi
(dengan berbagai variasi, persiapkan aktivitasnya dengan tujuan menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
§
Apersepsi (menanyakan tentang materi pelajaran
yang telah dpelajari pada pertemuan
sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari)
§
Pre Test (dengan variasi strategi, yang intinya
untuk melihat seberapa jauh penguasaan peserta didik atas materi yang hendak
dipelajari)
§ Acuan (menjelaskan kompetensi
dasar/indicator/tujuan pembelajaran yang akan dicapai; dan atau menyampaikan
materi dan cakupan materi yang akan dipelajari)
b. Kegiatan Inti (5 menit)
Ekplorasi
-
Guru menjelaskan proses pembelajaran
-
Siswa-siswi
mendengarkan uraian guru tentang beberapa proses termodinamika.
-
Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang beberapa
proses termodinamika.
Elaborasi
-
Siswa mencari jawaban dalam buku teks atas pertanyaan
yang diajukan guru.
-
Guru meminta siswa – siswi untuk membaca hukum 1 termodinamika
-
Guru meminta
siwa-siswi membaca dengan keras macam-macam proses termodinamika.(Reading aloud)
-
Siswa dan guru bertanya jawab atas jawaban yang
diketemukan siswa dalam buku. (information search).
Konfirmasi
-
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil dari tanya jawab peserta didik untuk menarik kesimpulan-kesimpulan diskusi yang tepat.
c. Kegiatan Akhir (3 menit)
§ Guru bersama-sama dengan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§ Guru memberikan tugas individual maupun
sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§ Mengakhiri
pembelajaran secara Islami
VIII.
Penilaian
1. Teknik Penilaian : Tes dan
non tes
a.
Tes Lisan
b.
Non Tes : Pengamatan dan Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Lisan :
1)
Jelaskan bunyi hukum 1 termodinamika ! {Sejumlah kalor (Q) yang diterima dan usaha
(W) yang dilakukan suatu gas dapat digunakan untuk menambah energi dalam (∆U)}.
2)
Sebutkan proses-proses termodinamika ! (Proses Isotermis; Proses iso khorik; Proses
isobarik; Proses adiabatik).
3)
Tunjukkan contoh-contoh orang yang berprilaku
tanggungjawab ! (Proses isotermis adalah
proses prubahan sistem pada suhu tetap; Proses isokhorik adalah proses prubahan
sistem pada suhu volume tetap; Proses isobarik adalah proses prubahan sistem
pada tekanan tetap; Proses adiabatik adalah proses prubahan sistem tanpa ada
kalor yang masuk atau keluar dari sistem).
b. Pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung
jawab
|
|||
1.
|
Mita
Widi Lestari
|
|
|
|
|
2.
|
Indrawati
|
|
|
|
|
3.
|
Dwi
Oktaviani
|
|
|
|
|
4.
|
Fitri
Apriani
|
|
|
|
|
5.
|
Fuji
Rahayu
|
|
|
|
|
6.
|
Rika
Agustina
|
|
|
|
|
7.
|
Evika
Kurnia
|
|
|
|
|
c. Penugasan
ü Siswa
diminta mengamati kondisi sekitar rumah
untuk mengidentifikasi contoh-contoh
proses termodinamika.
IX. Sumber
Belajar / Alat
a. Sumber Belajar
1)
Zaelani Ahmad, dkk. 1700
Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika untuk SMA/MA, (Bandung : Yrama Widya,
2006), hal. 239-242.
2)
Daroz Georis Siran, dkk. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X, (Jakarta : Cimasioda, 2007), hal.
3)
Internet.
b. Alat
1.
Spidol
2.
Penghapus
3.
Kertas Plano
Palembang, 6
Maret 2013
Mengetahui
Dosen
Pembimbing, Praktikan
OBSERVER,
Drs. Muhd. Dani,
M.Pd Dedi
Prasetiyono
NIM. 2010122088
Tidak ada komentar:
Posting Komentar