Jumat, 26 April 2013

RPP MIKROTICHING FISIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMA N 1 Makarti Jaya
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas/ Semester           : XI / 2
Alokasi Waktu            : 1 X  10 menit


I.       Standar Kompetensi
Memahami konsep proses-proses perubahan termodinamika.

II. Kompetensi Dasar
Menganalisis perubahan gas ideal dengan menerapkan hukum 1 termodinamika.

III. Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menjelaskan hukum 1 termodinamika
b menyebutkan proses-proses termodinamika
c. menunjukkan perbedaan proses termodinamika

Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat :
a. Menjelaskan hukum 1 termodinamika
b  Menyebutkan proses-proses termodinamika
c. Menunjukkan perbedaan proses termodinamika

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi hukum 1 termodinamika  :
a.       Dengan metode ceramah dan tanya jawab (interactive lecturing) peserta didik dapat memahami proses-proses termodinamika
b.      Strategi mencari infomasi (information search) peserta didik dapat menjelaskan bunyi hukum 1 termodinamika dan proses-proses termodinamika
c.       Dengan metode penugasan dan strategi membaca keras (reading aloud)  peserta didik dapat menyebutkan proses-proses termodinamika sebagai penerapan dari hukum 1 termodinamika.


V. Materi Ajar / Materi Pembelajaran

            Proses Termodinamika

Cakupan Materi
a. Bunyi hukum 1 termodinamika
b. Proses-proses termodinamika
c. Perbedaan proses termodinamika


VI. Pendekatan/Metode/Strategi
a. Pendekatan : Keimanan, Rasional, Fungsional, Discovery
b. Metode : ceramah dan tanya jawab (Interactive Lecturing), penugasan.
c. Strategi : information search, reading alloud

VII. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan  (2 menit)
§    Menarik perhatian siswa/ membangun motivasi (dengan berbagai variasi, persiapkan aktivitasnya dengan tujuan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran)
§    Apersepsi (menanyakan tentang materi pelajaran yang telah dpelajari  pada pertemuan sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari)
§    Pre Test (dengan variasi strategi, yang intinya untuk melihat seberapa jauh penguasaan peserta didik atas materi yang hendak dipelajari)
§    Acuan  (menjelaskan kompetensi dasar/indicator/tujuan pembelajaran yang akan dicapai; dan atau   menyampaikan materi dan cakupan materi yang akan dipelajari)

b. Kegiatan Inti (5 menit)
    Ekplorasi
-          Guru menjelaskan proses pembelajaran
-          Siswa-siswi mendengarkan uraian guru tentang beberapa proses termodinamika.
-          Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang beberapa proses termodinamika.
     Elaborasi
-          Siswa mencari jawaban dalam buku teks atas pertanyaan yang diajukan guru.
-          Guru meminta siswa – siswi  untuk membaca hukum 1 termodinamika
-          Guru meminta siwa-siswi membaca dengan keras macam-macam proses termodinamika.(Reading aloud)
-          Siswa dan guru bertanya jawab atas jawaban yang diketemukan siswa dalam buku. (information search).
     Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil dari tanya jawab  peserta didik untuk menarik  kesimpulan-kesimpulan diskusi yang tepat.

      c. Kegiatan Akhir (3 menit)
§  Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§  Guru melakukan  refleksi  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;  
§  Guru memberikan tugas individual maupun sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Mengakhiri pembelajaran secara Islami

VIII.       Penilaian
1. Teknik Penilaian : Tes dan non tes
a.       Tes Lisan
b.      Non Tes : Pengamatan dan Penugasan

2. Bentuk Instrumen
a.      Tes Lisan :
1)      Jelaskan bunyi hukum 1 termodinamika ! {Sejumlah kalor (Q) yang diterima dan usaha (W) yang dilakukan suatu gas dapat digunakan untuk menambah energi dalam (∆U)}.
2)      Sebutkan proses-proses termodinamika ! (Proses Isotermis; Proses iso khorik; Proses isobarik; Proses adiabatik).
3)      Tunjukkan contoh-contoh orang yang berprilaku tanggungjawab ! (Proses isotermis adalah proses prubahan sistem pada suhu tetap; Proses isokhorik adalah proses prubahan sistem pada suhu volume tetap; Proses isobarik adalah proses prubahan sistem pada tekanan tetap; Proses adiabatik adalah proses prubahan sistem tanpa ada kalor yang masuk atau keluar dari sistem).





b.      Pengamatan                 
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Perhatian
Keaktifan
Tanggung jawab
1.
Mita Widi Lestari




2.
Indrawati




3.
Dwi Oktaviani




4.
Fitri Apriani




5.
Fuji Rahayu




6.
Rika Agustina




7.
Evika Kurnia





c.       Penugasan
ü  Siswa diminta mengamati  kondisi sekitar rumah untuk  mengidentifikasi contoh-contoh proses termodinamika.

IX. Sumber Belajar / Alat
a. Sumber Belajar
1)      Zaelani Ahmad, dkk. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika untuk SMA/MA, (Bandung : Yrama Widya, 2006), hal. 239-242.
2)      Daroz Georis Siran, dkk. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X, (Jakarta : Cimasioda, 2007), hal.
3)      Internet.

b. Alat
1.      Spidol
2.      Penghapus
3.      Kertas Plano

                
Palembang, 6 Maret 2013

Mengetahui
Dosen Pembimbing,                                                    Praktikan                              
OBSERVER,


Drs. Muhd. Dani, M.Pd                                              Dedi Prasetiyono
NIM. 2010122088


Tidak ada komentar:

Posting Komentar